Gaya Hidup Masyarakat Modern

101storiezen ~ Masyarakat tercipta dari adanya hubungan antara manusia yang satu dengan yang lainnya sehingga melahirkan kelompok sosial yang berlandaskan kesamaan kepentingan. Meski demikian bukan berarti semua kelompok manusia yang ada itu bisa dikatakan sebagai kelompok sosial. Karena untuk menjadi kelompok sosial harus memenuhi persyaratan tertentu. Di dalam suatu kelompok sosial dan telah membentuk sebuah masyarakat maka yang timbul adalah adanya perubahan dari susunannya yang merupakan suatu kepastian. Pasalnya adanya perubahan tersebut merupakan suatu hal yang mutlak. Di mana saja itu berada.

Perubahan Sosial Dalam Interaksi Masyarakat

Suatu masyarakat akan tercipta, jika di dalamnya terjadi perubahan sosial. Perubahan sosial itu sendiri adalah suatu perubahan yang terjadi di dalam interaksi antarmanusia, baik itu sebuah organisasi maupun komunitas. Perubahan itu juga menyangkut mengenai adanya struktur sosial serta nilai dan norma. Maka dari itu, istilah perubahan sosial itu selengkapnya disebut dengan perubahan sosial budaya. Alasannya karena di antaran manusia yang merupakan mahkluk sosial tentunya tak terpisah dari kebudayaannya sendiri. Secara umum, perubahan sosial diartikan adanya proses pergeseran serta berubahnya tatanan di dalam suatu masyarakat. Hal itu di dalamnya terdiri dari pola pikir inovatif, adanya sikap, dan juga perilaku kehidupan sosialnya dalam rangka mencari penghidupan untuk hidup lebih bermartabat.

Setiap masyarakat yang tercipta di dunia tentunya mengalami segala bentuk perubahan. Dari perubahan itulah bisa diketahui adanya perbandingan untuk membuat analisa mengenai masyarakat yang ada di masa-masa tertentu yang dibandingkan dengan kondisi di masa lalu. Terjadinya perubahan itu tentu akan berlangsung terus menerus yang artinya dalam kehidupan bermasyarakat senantiasa terus mengalami perubahan. Namun perubahan yang terjadi itu tentunya tidak selalu sama antara kelompok yang satu dengan yang lainnya. Mengapa bisa demikian? Karena munculnya masyarakat yang mengalami perubahan lebih cepat dibandingkan dengan kelompok masyarakat lainnya. Adanya perubahan itu bisa saja tidak menonjol serta tidak nampak dari suatu perubahan itu. Di samping itu, perubahan-perubahan yang terjadi memiliki pengaruh yang luas dan terbatas. Selain itu ada juga perubahan yang mengalami proses yang lambat dan ada juga yang sangat cepat prosesnya.

Memahami Gaya Hidup Masyarakat Modern

Terjadinya perubahan gaya hidup masyarakat merupakan sebuah analisis yang selalu dilakukan para peneliti. Baik itu di bidang marketing, budaya, dan juga pihak-pihak lainnya yang memiliki kepentingan. Sebagai seorang analis, tentunya adanya perilaku konsumen serta berubahnya gaya hidup adalah sebuah kajian yang menarik untuk dianalisa. Dengan begitu bisa memengaruhi daya beli atau bila ada seseorang yang mengambil kredit tentunya juga memengaruhi kemampuan untuk mengembalikan kreditnya itu.

Timbulnya kepraktisan dalam gaya hidup sangat memberikan kemungkinan bagi masyarakat modern untuk kesulitan menghindar dari adanya fast food. Memang secara umum, fast food memiliki kelebihan dari cara penyajiannya yang cepat dan tidak perlu waktu lama untuk menyajikannya di mana saja dan kapan saja. Dari perubahan pola makan tradisional ke pola makan ala barat ini akibatnya akan menambah kalori, lemak, serta kolesterol. Selain itu tingkat kehidupan yang disertai dengan stress serta berkurangnya aktivitas fisik. Hal itu terjadi terutama di kota-kota besar yang lebih nampak jelas dampak yang ditimbulkan dari peningkatan masalah gizi lebih yang berakibat pada obesitas serta munculnya penyakit degeneratif seperti jantung, darah tinggi, diabetes.

Tidak dipungkiri bahwa setiap masyarakat yang berkembang pastinya mengalami perubahan. Perubahan itu bisa didasarkan pada sifat. Di mana perubahan yang bukan hanya didasarkan pada arah menuju kemajuan saja, namun juga bisa mengarah pada suatu kemunduran.

Gaya Hidup Masyarakat Modern

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *