Berbagai Peradaban Dunia Yang Memengaruhi Masyarakat

101storiezen – Berbagai peradaban dunia yang berkembang telah meluaskan berbagai pelaksanannya dan bisa dilaksanakan tanpa harus memikirkannya. Demikianlah sedikit kutipan dari Alfred North Whitehead. Secara etimologi, peradaban merupakan segala hal yang menyangkut sopan santun, budi bahasa, serta kebudayaan bangsa. Bisa dikatakan munculnya peradaban ini merupakan suatu bentuk dari kemajuan.

Baca Juga : Gaya Hidup Masyarakat Modern

Begitu pula di Indonesia yang memiliki peradabannya sendiri. Meski demikian, semua hal yang menyangkut masyarakat Indonesia yang di dalamnya mencakup masalah sosial, budaya, dan juga kebiasaannya tentunya mendapatkan pengaruh dari banyak peradaban dunia di masa lalu.

Pengaruh Peradaban Dunia Bagi Kehidupan Masyarakat Indonesia

Di Indonesia, munculnya peradaban awal yang ada tentunya dipengaruhi oleh munculnya peradaban dunia. Dan itu sangat-sangat memengaruhi kehidupan masyarakat Indonesia. Apa saja pengaruh dari peradaban dunia di masa lalu itu? Simak ulasannya berikut.

  • Peradaban Yunani

Inilah peradaban dunia kuno yang dikenal sebagai peradaban Yunani Kuno. Awalnya peradaban ini muncul pada periode Yunani Arkais sekitar abad 8-6 SM. Kemudian berakhir pada Zaman Kuno dan kemudian dilanjutkan dengan munculnya abad pertengahan awal dan mencapai puncak di periode Yunani klasik.

Munculnya peradaban Yunani kuno ini kemudian sangat memengaruhi pada kehidupan masyarakat Indonesia. Hal ini nampak pada bangunan-bangunan yang ada di Indonesia. Misalnya museum serta gedung-gedung pemerintahan. Di Indonesia yang menganut paham demokrasi juga merupakan pengaruh dari peradaban dari negara-negara polis, seperti di Athena yang memang menganut paham demokratis di zamannya. Pada kehidupan masyarakat Indonesia yang lainnya, tukar cincin ketika menikah merupakan pengaruh kuat dari peradaban Yunani.

  • Peradaban Romawi

Selain pengaruh Yunani, kehidupan masyarakat Indonesia juga begitu dipengaruhi oleh munculnya peradaban Romawi Kuno. Seperti misalnya perayaan tahun baru. Di Romawi kuno, perayaan tahun baru merupakan upacara untuk menyembah dewa Janus. Dewa Janus dalam mitologi Romawi merupakan dewa yang digambarkan dengan memiliki dua wajah. Kedua wajah itu menghadap dua arah yang berbeda. Pertama menghadap ke masa silam dan satunya menghadap ke masa depan. Bukan hanya itu saja, masyarakat Indonesia juga menerapkan hari libur di hari Minggu yang ternyata di dalam peradaban Romawi adalah penyembahan bagi dewa Matahari.

  • Peradaban Lembah Sungai Nil

Anda tentu biasa menggunakan tulisan latin dalam aktivitas sehari-hari. Ternyata apa yang telah biasa dilakukan ini merupakan pengaruh dari peradaban Mesir yang oleh bangsa Romawi kemudian diterapkan sebagai tulisan sejak masa ratusan tahun silam. Bukan hanya itu saja. Agama Islam yang begitu dominan di Indonesia adalah pengaruh Mesir. Hal ini bisa diketahui dari tulisan Ibnu Batuttah ketika mengisahkan raja Samudra Pasai yang memiliki mazhab dengan Syafii di Mekkah dan bergelar Al-Malik.

Baca Juga : Pemberdayaan Masyarakat Yang Diterapkan Melalui Wirusaha

Pengaruh yang lain dari peradaban Mesir bagi kehidupan masyarakat Indonesia yaitu dibangunnya Candi Borobudur. Pembangunannya ini diinspirasi dari pembangunan piramida di Mesir. Maka dari itu, di Candi Borobudur juga menjadi salah satu dari keajaiban dunia karena memiliki perpaduan budaya asing dan budaya asli Indonesia.

  • Peradaban Sungai Mekhong

Masyarakat di sekitar aliran sungai Mekhong merupakan penduduk yang memiliki ras Papua Mongoloid, Austroloid, dan Melanosoid. Kemudian dari ras-ras itu bercampur dan melahirkan masyarakat Melayu yang kulitnya sawo matang dan menjadi sumber dari peradaban Bacson-Hoabinh. Sedangkan untuk kebudayaan dan peradaban dari itu meruapakan peradaban masyarakat Indonesia yang sudah ada sejak jaman Mesolithikum. Hal itu ditandai dengan adanya kapak Sumatra di ras Papua Melanosoid, kemudian di zaman Neolithikum yang ditanya dengan persebaran kapak persegi oleh ras Melayu Austronesia dan kapak lonjong oleh ras Papua Melanesoid.

Berbagai Peradaban Dunia Yang Memengaruhi Masyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *